club SPEAK! - Suara Pemuda Anti Korupsi

SPEAK merupakan rumah bagi anak muda yang berkomitmen mendorong terwujudnya Indonesia baru tanpa korupsi.
Berdiri sejak 2 Juli 2010 dan didukung lebih dari 5000 anak muda se-Indonesia, clubSPEAK mengembangkan program-program khusus:

- Speak Goes to School (training OSIS SMA untuk transparansi dan akuntabilitas organisasi)

- Speak Institute & Aksi Kita (training dan workshop inisiatif anti korupsi bagi individu terpilih, calon young changemakers Indonesia usia 16-25 tahun)

- Speak Forum (diskusi bulanan terbuka untuk umum tentang sejarah gerakan, seni, budaya, sosial, dan politik anak muda)

- SPEAKFEST (konser musik dan pameran komunitas seni tahunan), see video: http://youtu.be/giaSrQq2dOA


Informasi lebih lengkap, kontak:
Danar, kordinator umum:
+628561328464 @adriandanarw
Dita, program:
+6287888569069 @ditakusumaa
Ogi, humas:
+6285711792337 @ogiwicaksana

speak.youthclub@gmail.com
Recent Tweets @clubSPEAK

Halo #speakers!

Trending topic SPEAK kali ini memang masih #AksiKita aja nih. Kali ini, SPEAK mau nunjukin sebagian venture yang udah lahir lewat #AksiKita.

Pertama, mungkin ada yang belum tahu venture itu apa. Singkatnya, venture itu inisiatif aksi sosial untuk bawa perubahan di lingkungan sekitar, dan lewat #AksiKita inisiatif itu berupa ide anti-korupsi. Semua peserta #AksiKita diajak untuk gali potensi dan passion mereka untuk ngembangin venture ini dengan cara yang fun dan kreatif pastinya..

Dari 3 jilid workshop #AksiKita yang udah diadakan di President University, SMA Gonzaga, dan FMIPA UI, berikut sebagian dari peserta #AksiKita dengan venture mereka, check them out!

Philip Hulson Simanjuntak – Anti-Corruption Music School

Philip

Dengan musik, satukan Indonesia, berantas korupsi - Philip

Setelah mengikuti workshop #AksiKita, Philip dari President University mempunyai ide yang sangat menarik bagi kaum muda. Dengan tema Youth Anti-Corruption Music School, Phillip melakukan gerakan melawan korupsi. Philip akan mengajak anak-anak jalanan yangkurang beruntung untuk ikuta tahu lebih jauh mengenai korupsi melalui musik. Ide “gila” yang ingin dilakukan Philip tahun ini adalah membuat konser musik besar anti-korupsi yang melibatkan anak-jalanan dan murid-murid sekolah Anti Korupsi ini.

Philip Hulson Simanjuntak: hulson_philip@yahoo.co.id

Michael dan Abdi – Anti-Time Corruption

Michael dan Abdi

Mahasiswa kalo datang terlambat kena hukuman. Kalo Dosen tidak! Gak Fair dong – Michael

Dua sahabat Michael dan Abdi punya inisiatif untuk membuat Pakta Integritas di President University mengenai kedisiplinan. Pakta integritas yang mereka kembangkan adalah kontrak sosial yang ditandatangani secara terbuka antara dosen dengan mahasiswa President University untuk datang dan selesai kuliah tepat waktu.

Michael: michael_thomas333@yahoo.com

Muh Abdi Pratama: muh.abdipratamaputra@yahoo.co.id

Dadang Zulian - Your Hand

Dadang

Sebagai sesama manusia kita berkewajiban untuk saling membantu – Dadang Zulian

Ide venture “Your Hand” ini merupakan gambaran kepedulian terhadap sesama pemberian sumbangan atau donasi sukarela. Dadang terinspirasi untuk mengumpulkan donasi dari mahasiswa dan dosen untuk kemudian melakukan aksi sosial di pemukiman penduduk di sekitar kampus.

Dadang Zulian: zuutiang_lii@yahoo.co.id

Thomas Pandu - Demen Main

Thomas

Hobi memang bisa jadi inspirasi paling kreatif! Thomas ngembangin hobinya main game untuk ngembangin concern-nya mengenai transparansi. Ide venture yang ingin ia wujudkan adalah menciptakan sebuah game transparansi. Nantinya, game ini akan memberikan satu petualangan dan penanaman nilai-nilai kejujuran, integritas, keterbukaan dan anti-korupsi bagi pemain game.

Thomas Pandhu: thomas_78@yahoo.com

Hani dan Vira - Let It Be

Hani dan Vina

Pengalaman hidup di asrama membuat Hani dan Vira merasa perlu untuk mengetahui proses transparansi pembayaran di asrama. Melalui “Let It Be”, dua bersahabat ini mencoba membuat program yang berisi pembuatan modul transparansi untuk pengelolaan asrama di Presiden University.

Hani Amelia Septiani: hanyamelias@hotmail.com
Vira Az-zahra: kambingmbe@hotmail.com

Chaterina dan Wina - Anak Ibu Cerdas

Problem pendidikan dan kesehatan memang selalu menjadi isu yang menarik. Banyak sekali permasalahan yang terjadi di kedua sektor ini. Berangkat dari hal itu, dua karib dari President University, Chaterina dan Wina mencetuskan gagasan untuk melakukan aksi kampanye tentang pendidikan dan kesehatan. Aksi mereka namai “Anak Ibu Cerdas”.

Chaterina: chaterina.tirta@yahoo.com
Putri Dwinatalia: ginger_shive@yahoo.com

Hning Cita Langit – EXPRESS, Go Fight Win Anti Corruption

Dari Workshop #AksiKita di SMA Gonzaga, kita punya Citra yang punya ide venture untuk ngembangin aksi sosial yang dirancang oleh Cita dan teman-temannya di SMU 1 Jakarta terkait pelayanan perpustakaan di sekolahnya. Aksi sosial ini bertujuan untuk mengawasi pungutan liar di perpustakaan. Caranya adalah dengan mengumpulkan keterangan teman-teman sekolah lalu membuat tulisan tentang testimony kemudian bisa dipasang di mading. Jadi, teman-teman sekolah yang lain menjadi tahu dan sadar akan pentingnya keterbukaan pengelolaan dana perpustakaan.

Hning Cita Langit: langitcita@yahoo.com

Jenny Rahayu – SEMAK (Semangat Melawan Korupsi)

Ternyata memang musik adalah medium yang sangat berpengaruh bagi anak muda. Adalah Jenny Rahayu, siswi SMKN 1 Depok, yang gerah melihat korupsi disekitarnya. Sudah banyak demonstrasi namun tidak juga menyelesaikan masalah, harus dicarikan solusi kampanye yang lebih menarik untuk menarik minat anak muda. Dengan semangat “ONE SPIRIT, ONE MISSION, MORE ACTION TO FIGHT CORRUPTION! CORRUPTION IS DEAD, INDONESIAN SUCCESS!!!” inilah Jenny sangat yakin bahwa musik dan anak muda akan mampu membuat Indonesia bebas dari korupsi.

Jenny Rahayu: rahayu_jen@yahoo.co.id

Rizqi Rizaldi Ranadireksa (Abenk) - THE SOUND OF MOVEMENT

Siapa bilang menjadi penyiar radio tidak bisa berkontribusi untuk melawan korupsi? Ini tidak berlaku bagi Rizqi Rizaldi Ranadireksa. Anak muda yang biasa dipanggil Abenk ini juga merasa gemas dengan korupsi yang terjadi disekitarnya. Sebagai penyiar di salah satu stasiun radio di Jakarta, Abenk menggagas ide kreatif seputar kampanye melawan korupsi. Gagasan kreatif itu dia namakan “The Sound Of Movement” yang merupakan komunitas atau show radio berupa talkshow yang menghadirkan figure – figure inspiratif. Komunitas ini menjadi tempat berbagi cerita , ilmu dan pengalaman  yang dapat disosialisasikan melalui berbagai media sosial seperti Blog, Facebook dan Twitter. Nantinya Abenk berharap bahwa siaran-siaran yang dia lakukan ini akan menggugah kesadaran anak muda Indonesia terhadap permasalahan anti-korupsi.

Rizqi Ranadireksa: rizqi.ranadireksa@gmail.com

Nah, gimana #speakers? keren-keren kan venture mereka? Jangan mau kalah untuk bisa membawa perubahan di sekitar kamu apalagi terkait isu korupsi. Info lebih lanjut bisa download Write Up venture mereka di sini.

Dan inget juga, itu cuma sebagian venture dari keseluruhan peserta yang punya lebih banyak ide lagi untuk bisa beraksi dan bawa perubahan. Wanna be part of them?? Jangan ragu lagi untuk baca info lengkap Workshop #AksiKita di bulan September di sini, dan isi form yang bisa di-download lewat sini dan kirim balik ke wawan.suyatmiko@gmail.com.

Tetep semangat, dan salam anti-korupsi!

  1. fjrsdq-mayong reblogged this from club-speak
  2. club-speak posted this